IndeksIndeks  CalendarCalendar  FAQFAQ  PencarianPencarian  AnggotaAnggota  GroupGroup  PendaftaranPendaftaran  LoginLogin  

Share | 
 

 Soal 4 x 6 atau 6 x 4, Ternyata Tiap Negara Punya Aturan Berbeda

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
Admin
Administrator
Administrator
avatar

Post : 51
Join : 18.09.14

PostSubyek: Soal 4 x 6 atau 6 x 4, Ternyata Tiap Negara Punya Aturan Berbeda   25th September 2014, 6:18 am


KOMPAS.com — Setiap negara ternyata punya cara berbeda dalam mengekspresikan perkalian dalam bahasa matematika. Hal tersebut bisa berujung debat seperti kasus 4 x 6 dan 6 x 4 yang terjadi di Indonesia.

Dalam perkalian, dikenal istilah bilangan pengali dan bilangan yang dikali. Keduanya dipisahkan oleh tanda "x" dalam operasi perkalian.

Masalah serupa pada 6 x 4 dan 4 x 6 bisa terjadi karena setiap negara ternyata memiliki aturan berbeda dalam menempatkan pengali dan bilangan yang dikali. Ada negara yang menaruh pengali di depan. Sebaliknya, ada  juga yang menaruh di belakang.

Yohanes Nugroho, master dari jurusan Teknik Informatika Institut Teknologi Bandung dan seorang developer, menjelaskan dalam posting-nya di Facebook, Senin (22/9/2014).

Di Indonesia, Thailand, dan Singapura, urutan penempatan bilangan dalam operasi perkalian adalah "pengali x bilangan yang dikali". Sementara itu, di Jepang serta Kanada, misalnya, urutannya adalah "bilangan x pengali".

Di Amerika, ternyata satu guru dan guru lain bisa berbeda. "Lucu juga karena yang sama-sama pakai bahasa Inggris, tetapi beda urutannya," kata Yohanes.

Untuk menggambarkan perbedaan itu, kita bisa memakai sebuah soal sederhana. Ada 5 piring, masing-masing berisi tiga apel. Berapa total apel yang ada? Dalam pertanyaan ini, pengali adalah jumlah piring, dan bilangan yang dikali adalah jumlah apel per piring.

Dalam bahasa matematika, dengan urutan "pengali x bilangan yang dikali", jawaban dari soal itu menjadi "3 x 5". Jika dengan urutan sebaliknya, maka jawabannya adalah "5 x 3".

Becermin dari hal ini, sebenarnya "6 x 4" dengan "4 x 6" dalam kasus Indonesia bisa sama saja. Namun, menurut kesepakatan di Indonesia, ekspresi 4 + 4 + 4 + 4 + 4 + 4 yang benar adalah 6 x 4.
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://genit.forumid.net
Intel_Core_i7
Newbie
avatar

Post : 13
Join : 27.09.14

PostSubyek: Re: Soal 4 x 6 atau 6 x 4, Ternyata Tiap Negara Punya Aturan Berbeda   28th September 2014, 10:12 am

bikin tambah bingung aja... Very Happy
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
 
Soal 4 x 6 atau 6 x 4, Ternyata Tiap Negara Punya Aturan Berbeda
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» ER-6n ---------------- atau ----------------ER-6F ????????
» cdi atau knalpot?
» Pilih BT92 ukuran 150/70 atau 150/60
» Perbedaan Spesifikasi Ninja 205R 2008,2009,2010
» master rem Brembo R1 atau Brembo RCS15

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
GENIT :: Berita dan Politik-
Navigasi: